Potret Masjid Agung At-Taqwa Kutacane Dulu dan Kini

25 09 2015

dodiphotohob_masjid_At-Taqwa (1)

Masjid Agung At-Taqwa Kutacane adalah sebuah Masjid yang terletak di Kute Kutacane Kecamatan Babussalam, tempatnya strategis di tengah-tengah kota dan terlihat jelas jika memasuki Ibu Kota Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara apalagi di lihat dari dataran tinggi di pegunungan Mbarung dan puncak Gunung Pokhkisen (TNGL) di ketinggian 2828 mdpl. Pada waktu malam hari masjid agung At-Taqwa terlihat lebih indah dan memukau setiap orang, hal ini mungkin dikarenakan cahaya lampu yang di
pancarkan dari empat menara masjid tersebut.

 

mesjid taqwa_era_Syahadat

Masjid ini merupakan sebuah masjid yang cukup tua di Kabupaten Aceh Tenggara, dimana sudah berdiri sejak masa pemerintahan yang pada saat itu daerah Tanah Alas dan Gayo Lues masih bergabung dengan Kabupaten induk yaitu Kabupaten Aceh Tengah. Letkol Syahadat sebelas tahun menjabat sebagai kepala Perwakilan Kabupaten Aceh Tengah untuk daerah Tanah Alas dan Gayo Lues. Masjid Agung At-Taqwa didirikan hampir bersamaan dengan pembangunan Komplek Pelajar Babussalam yaitu sejak tahun 1956-1962 oleh Letkol Syahadat (patih) sebagai Kepala Perwakilan Kabupaten Aceh Tengah bersama Mayor Amin Komandan Sektor VII (Kodim) pada saat itu yang memimpin masyarakat Aceh Tenggara dengan bergotong royong dalam pembangunan Masjid At-Taqwa dan Komplek Pelajar Babussalam, dan kemudian peresmian komplek pelajar Babussalam tersebut di resmikan oleh Gubernur Kepala Daerah (KDH) Istimewa Aceh Ali Hasjmy pada tanggal 9 Juli 1962. Prasasti peresmiannya terdapat di tugu Kampung Pelajar Babussalam.

 

Masjid Koleksi Topen Museum Belanda_Gayo-Alas

Masjid Koleksi Topen Museum Belanda

Arsitektur bangunan Masjid pada jaman penjajahan Belanda di Tanah Alas dan Gayo Lues (Gajo en Alaslanden) pada masa itu terlihat mirip dan ada pendekatan baik kesamaan bentuk dari masa ke masa serta kultural pada bangunan masjid hingga pada saat sekarang ini. Barangkali ini adalah sebuah historis yang digunakan dalam menyatukan emosional masyarakatnya pada masa itu guna mempertahankan daerahnya dari penjajahan kafir Belanda.

 

 

Masjid Agung At-Taqwa pada awalnya dibangun saat pemerintahan Letkol Syahadat menjabat sebagai Kepala Perwakilan Kabupaten Aceh Tengah sekitar tahun 1956-1962, awalnya merupakan Masjid sederhana yang dibangun di atas tanah yang tidak begitu luas dan dari dahulu berdekatan dengan Lapangan Jenderal Ahmad Yani, karena lokasi masjid tersebut adalah tempat yang strategis di tengah-tengah kota, pusat pemerintahan dan perekonomian daerah dan pusat perdagangan, Bupati Aceh Tenggara T. Johan Syahbudin SH. melakukan perluasan dan membangun Masjid tersebut. Berbagai sumber danapun di galang guna untuk membangun masjid At-Taqwa, salah satunya bantuan dari presiden Soeharto, pada tanggal 31 Maret 1985 melalui Menteri/Sekretaris Negara, Sudharmono, SH, menyerahkan bantuan Presiden untuk pembangunan Masjid Agung At-Taqwa di Kutacane, Aceh Tenggara. Bantuan sebesar Rp 250 juta itu diterima oleh Bupati Aceh Tenggara, T. Johan Syahbudin, SH. (Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988″, hal 307-308).

masjid_taqwa_era_ Buoati_T. Djohan

masjid_taqwa_era_ Bupati_T. Djohan

Masjid Agung At-Taqwa dibangun lagi pada Oktober 2009. Masjid di pusat perkotaan itu yang memiliki area 1,5 hektare yang telah dilakukan peletakan batu pertama oleh Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf. Menurut Bupati Aceh Tenggara, H. Hasanuddin B saat meninjau lokasi pembangunan masjid tersebut mengatakan, dana yang dibutuhkan untuk Pembangunan masjid dengan anggaran sekitar Rp 65 miliar. Dan, dana yang sudah ada dari sumbangan Gubernur Aceh sebesar Rp 10 miliar, APBK Rp 7,5 miliar, dan sumbangan dari pengusaha Abu Rizal Bakhrie Rp 500 juta, pengusaha Lukman CM Rp 200 Juta, bantuan dari dana aspirasi anggota DPRA Rp 465 Juta dan sumbangan masyarakat Rp 56 Juta.

 

masjid_At-Taqwa Kutacane_2015

masjid_At-Taqwa Kutacane_2015

Arsitektur Masjid Agung At-Taqwa bernuansa Turki Eropa dan Kultur Budaya Lokal. Disebutkan, masjid yang memiliki luas bangunan 2.675 m di atas area seluas 14.118 m2 (1,5 hektare) berkapasitas 4.000 jamaah, masjid tersebut merupakan yang terbesar di kabupaten Se-Aceh dalam Provinsi Aceh. Masjid ini juga dilengkapi area parkir kendaraan roda empat untuk 96 unit mobil dan 115 unit sepeda motor. Menurut Hasanuddin, masjid ini bermotif adat Alas, minimalis dan kaligrafi, serta soundsytem. Adanya empat buah menara yang membuat bangunan Masjid ini menjadi terlihat semakin megah, serta adanya tulisan kaligrafi pada dinding. Bangunan Masjid Agung At-Taqwa yang dirancang oleh salah seorang arsitektur diklaim mampu bertahan dari guncangan gempa kuat 9,0 SR, dan mampu bertahan sampai 300 tahun. Masjid Agung At-Taqwa ini telah dimasukkan juga sebagai sebagai Wisata Religi – Visit Aceh.

 

dodiphotohob_masjid_At-Taqwa (2)

Patut dipuji, Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara dalam beberapa tahun belakangan ini mampu meningkatkan martabat daerah Aceh Tenggara dari segi pembangunan daerah terutama pembangunan Masjid Agung At-Taqwa dan infrastruktur lainnya. Masjid yang dibangun, menunjukkan besarnya cinta pemimpin kita terhadap Islam. Masjid ini sangat menarik, terlihat dari arsitektur bangunannya yang unik dan megah dan memiliki daya tarik religi yang menggugah hati. Hampir setiap hari, masjid ini banyak didatangi pengunjung, terutama yang akan melaksanakan sholat berjamaah, maupun menikmati wisata kulliner yang ada di depan Masjid.

Masjid Agung At-Taqwa Kutacane
Alamat lengkap:
Jl Cut Nyak Dhien, Kute Kutacane Kecamatan Babussalam,
Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, Kode Pos 24651.

Refrensi:
http://aceh.tribunnews.com/2011/09/16/masjid-agung-dirancang-tahan-gempa-90-sr
http://kutacanenews.blogspot.co.id/2010/08/kutacane-pembangunan-masjid-agung-at.html
http://www.insetgalus.com/berita?id=Masjid_Agung_At-Taqwa_Kutacane_Mampu_Menjadi_Icon_Wisata_Religi_dan_Kuliner
http://aceh.tribunnews.com/2015/02/22/masjid-at-taqwa-kutacane-segera-rampung
http://soeharto.co/1985-03-31-mensesneg-sudharmono-serahkan-bantuan-presiden-soeharto-untuk-masjid-raya-at-taqwa-aceh-tenggara
Photo-photo dari koleksi sendiri (dodileuser), by Tropen Museum Belanda, serta sumber-sumber lainnya


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: