Demokrasi di Universitas Gunung Leuser

19 01 2013
Gabungan Senat Mahasiswa dan UKM se-Universitas Gunung Leuser Kutacane

Gabungan Senat Mahasiswa dan UKM se-Universitas Gunung Leuser Kutacane

dodileuser, 19/01/13 | Yayasan Pendidikan Gunung Leuser Kutacane berdiri sejak tahun 1993. Awalnya Perguruan Tinggi hanya membawahi dua sekolah tinggi yaitu STIP-GL dan STIE-GL kemudian secara bertahap lahirlah STKIP-GL dan STIT-GL. Sejak saat itu Perguruan Tinggi Gunung Leuser sudah memiliki organisasi mahasiswa yaitu Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi.

Tahun 2000 merupakan awal lahirnya organisasi BEM PTGL yang merupakan organisasi tertinggi di kampus ini. BEM PTGL (Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Gunung Leuser) adalah organisasi kampus yang dipilih melalui musyawarah perwakilan (lesgislasi) melalui Senat Mahasiswa dan Delegasi Komisaris Sekolah Tinggi. Ketua dan Pengurus BEM PTGL yang terpilih menjabat selama 2-3 tahun.

Kepengurusan BEM PTGL yang pernah menjabat dari masa ke masa yaitu Sdr. Ramisin (Periode 2000-2003), Sdr. Alias Sekedang (Periode 2003-2005 & 2005-2007), Sumardi Beruh (Periode 2007-2009), Jeri Alasta (Periode 2010-2011). Namun masa kepengurusan Jeri Alasta tidak berjalan sebagaimana pengurus BEM sebelumnya melainkan hanya 4 bulan saja. Ia diturunkan karena di kudeta oleh anggotanya.

Sejak tahun 2010 sampai 2012 BEM PTGL pakum (mati suri) karena tidak ada pengurus BEM atau PEMA yang depenitif. Banyak dampak dan kerugian jika dilihat dari ketiadaan BEM atau PEMA di UGL, yaitu seperti tidak adanya pengkaderan mahasiswa, serta lahirnya gerakan-gerakan baru yang mengatasnamakan mahasiswa Universitas Gunung Leuser yang hanya berujung negatif.

Dari hasil audiensi mahasiswa baru-baru ini antara panitia pelaksana dengan pihak Rektorat, telah tampak harapan positif dan dukungan baik dari pihak kampus untuk menindaklanjuti keinginan Mahasiswa UGL untuk membentuk kembali Pemilihan BEM atau PEMA UGL Periode 2013-2014.

Adapun tahpan pemilihan yang akan dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana Pemilihan PEMA UGL nantinya ialah;
1. Sosialisasi;
2. Penerimaan Pendaftaran Ketua dan Wakil PEMA UGL;
3. Verifikasi data dan penetapan kandidat;
4. Debat kandidat;
5. Masa kampanye;
7. Hari tenang;
8. Pemilihan PEMA UGL;
9. Penghitungan dan Penetapan Pemenang PEMA UGL;
10. Pelantikan.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: